PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Harahap, Yuni Gusnita (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103341128 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341128 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 8 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.Jumlah populasi pada penelitian ini 343 responden, dan dengan menggunakan teknik simple random sampling maka jumlah sampel adalah 72 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket yang terdiri atas 25 butir untuk variabel disiplin belajar siswa dan 25 butir untuk variabel fasilitas belajar dengan teknik cronchbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,752. untuk variabel disiplin belajar siswa dan 0,745 untuk variabel fasilitas belajar. Teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y =39.743+ 0,302X1 + 0,221 X2. Hasil uji determinasi dari nilai R2 adalah 0.526. dan uji-t diperoleh thitung = 3.878. dengan taraf signifikan 0,000<0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 2.185 dengan taraf signifikan 0,032<0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil Fhitung = 38.341 dengan taraf signifikan 0,000<0,05.Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMaipita, Indra197704032003121003
Call Number: 330.071 2 Har p
Keywords: Disiplin; Belajar; Tujuan; Strategis; Siswa; Fasilitas; Jenis-jenis; Prestasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item