PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP SWASTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmawati, (2014) PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP SWASTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141106 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 BAB V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141106 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada hubungan persepsi siswa tentang penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar. (2) Apakah ada hubungan kecerdasaan emosional terhadap prestasi belajar. (3) Apakah ada hubungan persepsi Siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. penelitian ini bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar. (2) Untuk mengetahui hubungan kecerdasaan emosional terhadap prestasi belajar. (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi Siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA BANDUNG Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai prestasi belajar IPS sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP SWASTA BANDUNG yang terbagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 57 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang berjumlah 57 orang. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan statistik t dengan model korelasi product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dengan prestasi belajar IPS kelas VIII di SMP Swasta Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Berarti hipotesis diterima, persepsi siswa tentang penggunaan multimedia hubungannya dengan prestasi belajar IPS diketahui thitung > ttabel yaitu 2,779 > 2,005. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS kelas VIII di SMP Swasta Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Berarti hipotesis diterima, kecerdasan emosional hubungannya dengan prestasi belajar diketahui thitung > ttabel yaitu 5,535 > 2,005. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 23,314 > 3,170 dengan koefisien determinasi (R square) adalah sebesar (0,681)² x 100% = 46,3%. Ini berarti bahwa Persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional hubungannya terhadap prestasi belajar IPS siswa sebesar 46,3%. Pihak sekolah dan guru-guru diharapkan dalam proses belajar mengajar harus lebih menggunakan media pembelajaran seperti multimedia dan memberi pengetahuan kepada siswa pentingnya kecerdasan emosional dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRozaini, Noni197807022006042002
Call Number: 651.071 2 Rah p
Keywords: Persepsi; Siswa; Prestasi Belajar; Multimedia
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item