PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Pasaribu, Roma Tua (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7102141040-COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-BAB V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141040-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 96 orang. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah masing-masing kelas 49 orang siswa, yakni kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual dan kelas XI2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil kerja belajar ekonomi siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil pemberian post test yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 81,87 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70 sedangkan simpangan baku 8,54. Pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,31 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60 sedangkan simpangan baku 7,10. Hasil analisis data menunjukkan thitung > ttabel (3,58 > 1,98). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dimana hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 330.071 2 Pas p
Keywords: media audio visual; kriteria pemilihan; kelebihan dan kelemahan; hasil belajar; variabel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item