nilai implementation universita sudah peningkatan average akuntansi activity very problem sedangkan people outcome education state conclude teaching tabel bahwa teknik kriteria hitung tindakan resulting meanwhile membandingkan value perencanaan terdiri ekonomi adalah 2013 berjumlah result keyword reflection student rendahnya untuk 709141053 learning medan research selanjutnya sianipar kualitatif between siswa meningkatkan penerapam program would merupakan circulation get hasil rata complete studying know disimpulkan dapat planning yaitu dalam academic diperoleh melalui university permasalahan ABSTRACT significant pembelajaran kata questionary studi they SMA kela farida who upgrading qualitative cycle faculty antara strategi ABSTRAK ini analisi analize 54point adanya fakulta pelaksanaan II action technic menjadi mengetahui subject menunjukkan ada refleksi model demikian melihat study classroom number implemented observation consisted now test step pas 2014 siklu increase point gained dilaksanakan pada skripsi mengalami clas collect pengumpulan active accounting low penerapan aktif tunta based thesi dimana pendidikan negeri dan siklusnya strategy current department kunci sangat economic subjek dengan data XII jurusan orang menggunakan quantitative showed tahapan atau second yang difference saction consist furthermore perbedaan hanya signifikan penelitian belajar use kuantitatif enhance each NIM observasi dari 71with learn melebihi terdapat tiap aim bertujuan accountancy criteria aktivita exceed method PTK year search obervasi sebesar ketuntasan first te information