PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI T.P 2013/2014

Sidabutar, Perianto (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114114-COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114114-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada materi Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi di kelas X SMA Swasta Bersama Berastagi T.P 2013/2014 serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi di kelas X SMA Swasta Bersama Berastagi T.P 2013/2014.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA Swasta Bersama Berastagi T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang berjumlah 120 orang yang terbagi atas 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.Sebagai alat pengumpul data digunakan soal multiple choice. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 37,00 dengan simpangan baku 9,254 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 37,375 dengan simpangan baku = 8,396. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen (pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle) diperoleh sebesar = 80,125 dengan simpangan baku sebesar 7,803. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (pembelajaran dengan metode konvensional) sebesar 68,875 dengan simpangan baku = 9,706. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata  = 0,05 diperoleh thitung = 5,713 sedangkan ttabel = 1,994. ternyata thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa pada pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi yang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih baik dari hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMA Swasta Bersama Berastagi T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208150 198103 100
Call Number: 651.071 2 Sid p
Keywords: Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Konvensional; Learning cycle; Mata Pelajaran ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item