HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS IX SMP N 1 GUNUNG MALELA TAHUN AJARAN 2013/2014

Marbun, Goldritson Wirabuana (2014) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS IX SMP N 1 GUNUNG MALELA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071277110221.COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. TABLES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110221. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian guru ekonomi dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela T.A 2013/2014. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kepribadian guru ekonomi dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela T.A 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gunung Malela. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 168 orang siswa sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa diambil secara acak dengan tehnik random sampling. Tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan masing masing angket terdiri dari 4 pilihan, tiap pilihan diberi bobot 4 (empat) sampai bobot terendah yaitu 1 (satu), dimana sebelumnya di ujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas. Hasil uji validitas kepribadian guru diperoleh rxy = 0,4502107 > rtabel =0,396. Dan dari hasil validitas motivasi belajar siswa diperoleh rxy = 0,4214318 > rtabel =0,396. Maka disimpulkan bahwa kedua angket dapat dinyakatan valid. Hasil uji reabilitas kepribadian guru diperoleh r11 = 0,846 > rtabel =0,396 dan Hasil uji reabilitas motivasi belajar siswa diperoleh r11 = 0,789 > rtabel =0,396. Dari hasil uji reabilitas keduanya dapat disimpulkan kedua angket dinyatakan realiabel.Tehnik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan variabel X terhadap variabel Y adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, diperoleh persamaan garis linear Ŷ = 162,09 + 0,2855 X. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis Product Moment. Dari hasil yang didapat diketahui rhitung sebesar 0,4118 sedangkan rtabel sebesar 0,396. Hal ini berarti rhitung > rtabel. Sedangkan untuk menguji signifikan dihitung dengan uji “t” sehingga diperoleh sebesar 2,008 sedangkan pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% dengan nilai 1,71. Berarti > ( 2,008 > 1,71 ),maka dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan “ Terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara kepribadian guru ekonomi dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela T.A 2013/2014 dapat diterima.Kata kunci

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131979031003
Call Number: 651.071 2 Mar h
Keywords: Kepribadian guru; Teori kepribadian; Kompetensi kepribadian; Motivasi belajar; Mata pelajaran ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item