MODEL PENGUKURAN KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK WISATA ROHANI PADA TAMAN WISATA IMAN SIDIKALANG, KABUPATEN DAIRI

Banurea, Evi Oktavia Mandiri (2014) MODEL PENGUKURAN KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK WISATA ROHANI PADA TAMAN WISATA IMAN SIDIKALANG, KABUPATEN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103210018-COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103210018-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung Taman Wisata Iman Sidikalang, Kabupaten Dairi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysist (IPA ) merupakan salah satu bentuk diagram yang disebut diagram kartesius untuk melihat kedudukan tiga puluh enam (36) atribut yang digunakan peneliti dalam melakukan penilaian kepuasaan pengunjung dengan membandingkan tingkat kepentingan/harapan dengan tingkat kinerja/kenyataan terhadap produk wisata rohani. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung, peneliti menggunakan 3 indikator produk wisata yaitu daya tarik (atraksi), fasilitas (amenitas), dan aksesibilitas. Metode analisis yang juga digunakan adalah analisis deskriptif, dan Customer Satisfaction Index (CSI).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung merasa cukup puas terhadap produk yang diberikan oleh Taman Wisata Iman Sidikalang, Kabupaten Dairi. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) yakni sebesar 53 %. Namun pada pengujian dengan menggunakan metode Importance Performance Analysist (IPA) masih terdapat atribut pelayanan yang harus diperbaiki dan dikembangkan yakni membuat bangunan yang menunjukkan ciri khas budaya Dairi, menyediakan fasilitas rumah makan/restoran dengan menu makanan khas penduduk Dairi, menyediakan fasilitas buku panduan untuk menambah informasi mengenai Taman Wisata Iman, menyediakan fasilitas web khusus mengenai Taman Wisata Iman sehingga dapat dijadikan sarana informasi dan promosi, menyediakan areal parkir memadai dan aman, memberikan kemudahan akses dari daerah asal menuju daerah Taman Wisata Iman, menyediakan berbagai alternatif transportasi menuju daerah wisata, dan menjaga kebersihan areal Taman Wisata Iman untuk menciptakan daerah wisata rohani yang nyaman, bersih, asri. Hal ini harus dikembangkan agar kepuasan pengunjung Taman Wisata Iman Sidikalang, Kabupaten Dairi dapat terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTeviana, T196504302003122002
Call Number: 658.834 2 Ban m
Keywords: Wisata; Wisata rohani; Produk wisata; Atraksi; Pengembangan; Kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business finance. Corporation finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item