PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA BUDI MURNI 3 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sijabat, Naldo (2014) PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA BUDI MURNI 3 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141138 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 TABLES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141138 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yangpositif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar siswakelas XI SMA Budi Murni 3 Medan pada mata pelajaran ekonomi tahunpembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhyang positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajarsiswa kelas XI SMA Budi Murni 3 Medan pada mata pelajaran ekonomi tahunpembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SMA Budi Murni 3 Medan dimana populasiyang diambil adalah keseluruhan kelas XI IPS yang terdiri dari XI IPS-1, XI IPS-2 XI IPS-3 dengan jumlah siwa 126 orang, dan selanjutnya sampel yang diambiladalah sebanyak 20 jumlah populasi yakni 25 siswa.Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yangdigunakan untuk melihat kemampuan metakognitif siswa, sedangkan untukmelihat hasil belajar siswa dapat diketahui dari pencapaian nilai yang tertera padaDaftar Kumpulan Nilai (DKN). Kemudian angket di uji coba validitas danreliabilitasnya. Dari 20 butir angket kemampuan metakognitif siswa diperoleh 17item yang valid dan 3 item dinyatakan tidak valid.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Tehnik korelasiproduct moment dengan hasil rhitung > rtabel dimana 2 705 0 396 dandikonsultasikan ke dalam table interprestasi nilai r dapat dinyatakan bahwapengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadaphasil belajar siswa kelas XI SMA Budi Murni 3 Medan pada mata pelajaranekonomi tahun pembelajaran 2013/2014 dikategorikan kuat. Untuk mengujihipotesis digunakan uji t dengan dk n 2 pada taraf signifikan α 0,05 dengan hasilthitung ttabel yaitu 4 105 1 71Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa “Adapengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadaphasil belajar siswa kelas XI SMA Budi Murni 3 Medan pada mata pelajaranekonomi tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: 658 071 2 /Sij/p
Keywords: Kemampuan kongrit ; Kemampuan mitakongrit ; Belajar ; Hasil belajar ; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item