HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS VIII SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2013/2014

Lubis, Rifmanto (2014) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS VIII SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141187 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 BAB I.PDF - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141187 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian guru dan disiplin siswa dengan hasil ekonomi kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2013/2014.Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif antara kepribadian guru dengan disiplin siswa dengan hasil belajar ekonomi kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepribadian guru dengan disiplin siswa dengan hasil belajar ekonomi kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMP GKPI Swasta Padang Bulan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan yang berjumlah 280 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 25% atau 70 orang siswa dari jumlah populasi, dan teknik pengambilan smpel dilakukan secara sampling acak. Metode dari penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen yang digunakan adalah instrumen angket yaitu untuk melihat kepribadian guru dan disiplin siswa yang disebarkan kepada 70 orang siswa. Dari 20 soal instrument angket kepribadian guru terdapat 17 soal yang dinyatakan valid dan 3 soal tidak valid, sedangkan untuk soal instrument disiplin siswa dari 15 soal semuanya dinyatakan valid. Untuk memperoleh validitas dan reliabilitas tersebut dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows. Selain itu, untuk memperkuat hasil penelitian maka dilampirkan juga hasil belajar siswa yaitu daftar kumpulan nilai ekonomi siswa SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2013/2014. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat korelasi antara variabel x dan y digunakan regresi sederhana, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji F.Dari hasil Output SPSS 17.0 for windows terlihat bahwa pengujian signifikasi bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepribadian Guru (X1) dan Disiplin Siswa (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 66,245. Jika dibandingkan dengan Ftabel dengan df 2:69 sebesar 3,13 pada taraf signifikasi 5% maka Fhitung lebih besar dari Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepribadian Guru (X1) dan Disiplin Siswa (X2) dengan Hasil Belajar Ekonomi (Y). Harga koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,815 lebih besar dari rtabel 0,235 maka dapat disimpulkan Hipotesis (Ha) diterima yaitu “Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepribadian Guru dan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Ekonomi Kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRozaini, Noni1978702 200605 2 002
Call Number: 658.071 2 Lub h
Keywords: Kepribadian; Teori kepribadian; Guru ekonomi; Disiplin; Disiplin sekolah; Pelanggaran - pelanggaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item