IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Ningsih, Widya (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441056-COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441056-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui denganimplementasi model pembelajan Problem Based Learning dapat meningkatkanaktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa di kelas XI IS SMA Swasta KemalaBhayangkari 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medanyang beralamat di Jl.K.H Wahid Hasyim no.1 Medan. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas XI IS SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medan dengan jumlah 38orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Pbroblem BasedLearning Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitassiswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukandengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitassiswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 13,26% yang termasuk dalamkriteria Kurang aktif . Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 28,08%yang termasuk dalam kriteria Sangat Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh datatest sebelum penerapan yaitu 34,21% yang tuntas, sedangkan pada siklus I47,37% yang tuntas atau terjadi peningkatan sekitar 13,16%. Dan pada siklus IIterdapat 92,11% yang tuntas atau mengalami peningkatan 44,74% dari siklus I.Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperolehnilai �70. Dapat disimpulkan bahwa implementassi model pembelajaran ProblemBased Learning dapat meningkatkan secara positif dan signifikan aktivitas danhasil belajar siswa pada kompetensi Ketenagakerjaan dan Pengangguran di kelas XI IS SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar economi siswa kelas XI IS SMASwasta Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunajat, 1967092220005011001
Call Number: 330.071 Nin i
Keywords: Problem based learning; Aktivitas belajar siswa; Hasil belajar; Guru; Model pembelajaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item