PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK BM DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Simanjuntak, Ruth Sahanaya (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK BM DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141204-COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-BAB V.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141204-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar Kewirausahaan siswa SMK BM Dharma Bakti Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK BM Dharma Bakti Medan yang berjumlah 46 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X AP dan kelas X AK. Kelas X AP sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang diajarkan dengan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), dan kelas X AK yang berjumlah 23 orang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk objektif tes dengan jumlah 20 soal yang sebelumya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan terlebih dahulu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) diperoleh nilai rata-rata pre-test 44,78 dengan standar deviasi 10,71 dan nilai rata-rata post-test 75,21 dengan stadar deviasi = 11,52. Sedangkan dari kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pre-test 40,43 dengan standar deviasi 10,12 dan rata-rata post-test sebesar 69,13 dengan standar deviasi = 10,97. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 1,930 dan ttabel sebesar 1,687 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 dengan dk = 44. Dengan demikian thitung > ttabel (1,930 > 1,687). Maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan ada pengaruh strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 658.071 9 Sim p
Keywords: strategi pembelajaran; PQ4R; kelebihan dan kekurangan; hasil belajar; kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item