PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU T.A2012/2013

Marbun, Sahi Anas (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU T.A2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141205 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141205 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomisiswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PembelajaranProblem Based Instruction Berbasis Media Audio Visual Terhadap Hasil BelajarEkonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Ajaran2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 120 Orang.Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yang terdiri dari duakelas yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol.Masing – masing kelas berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajarekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, yang dikutip dari bukusehingga soal dianggap baku. Teknik analisis data yang digunakan yaitumenentukan rata – rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan ujihipotesis dengan menggunakan SPSS 20 for windows.Hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata –rata siswa kelas eksperimen adalah 84.00 dengan standar deviasi 8.412 dan nilairata – rata siswa kelas kontrol adalah 63.50 dengan standar deviasi 6.718. Untukmenguji hipotesis digunakan uji-t dengan sig. (2-tailet) < 0.05. Dari dataperhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 12.043 dan ttabel sebesar 1991dengan Sig. 0.000. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabelyaitu 12.043> 1991 dan Sig. 0.000 < 0.05 dengan kata lain Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran ProblemBased Instruction Berbasis Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar EkonomiSiswa Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: 658.071 2 Mar p
Keywords: model pembelajaran; Problem Based Instruction; pelaksanaan; konvensional; hasil belajar; ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item