PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERSERTA DIDIK SMA SWASTA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sihotang, Mayenita Rosari (2013) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERSERTA DIDIK SMA SWASTA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441027 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 BAB I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 BAB V.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441027 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pencawan Swasta Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik totalsampling.Dari hasil penelitian diatas membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa jika taraf signifikan penelitian t-hitung > t-tabel α(5%) makahipotesis diterima, dimana hasil penelitian dipeoleh pada variabel kompetensi guru 3,105 dengan taraf signifikan 5% db=58 sebesar t-tabel 1,672. Dimana thitung > t-tabel (3,105>1,672). Dengan demikian hipotesisnya diterima dapatdisimpulkan bahwa variabel kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasibelajar peserta didik kelas X SMA Swasta Pencawan Medan.Sedangkan pada variabel motivasi belajar menunjukkan bahwa untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,015 dengan taraf signifikan 5% db=58 sebesar 1,672. Dimana t-hitung > t-tabel (3,015>1,672) Dengan demikian hipotesisnya diterima dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Pencawan Medan. Hasil yang diperoleh dari penelitian setelah melakukan Uji F adalahhitung F > tabel F (9,469 > 3,159) dengan signifikan 0,05. Kompetensi guru dan motivasi belajar memiliki determinasi sebesar 24,9% terhadap prestasi belajar sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini. Hal ini secara simultan kompetensi guru dan motivasi belajar berpengaruh yang signifikanterhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Pencawan Medan.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan kompetensi guru dan motivasi belajar memiliki pengaruh signifikanterhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Pencawan MedanTahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: 658.071 2 Sih p
Keywords: Kompetensi Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD5650 Employee participation in management.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item View Item