HUBUNGAN MULTIPLE INTELLEGENCE TIPE KECERDASAN LOGIKA MATEMATIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Nadapdap, Honey S. (2013) HUBUNGAN MULTIPLE INTELLEGENCE TIPE KECERDASAN LOGIKA MATEMATIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141077 COVER.pdf]
Preview
Text
709141077 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141077 BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141077 BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 709141077 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ekonomi di sekolah pada umumnya kurang menekankan pada aspek logika dan kemampuan angka. Padahal kemampuan logika dan mengenal pola angka dimiliki oleh setiap siswa walaupun ukuran kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda. Dengan adanya kecerdasan logika matematis maka siswa dapat dengan mudah mempelajari pelajaran ekonomi khususnya yang menggunakan hitungan. Tidak hanya kecerdasan logika matematis saja, tetapi ada baiknya jika diiringi dengan konsep diri siswa, maka kepercayaan diri dan motivasi untuk mempelajari ekonomi akan lebih baik. Hal inilah yang membuat siswa belajar ekonomi dengan lebih nyaman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang bertujuan untuk melihat adakah hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan logika matematis dengan hasil belajar ekonomi siswa, apakah terdapat hubungan yang positif dan berarti antara konsep diri dengan hasil belajar ekonomi siswa. Apakah terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan logika matematis dan konsep diri dengan hasil belajar ekonomi siswa.Penelitian ini menggunakan sampel 96 orang siswa kelas X SMA 15 Medan yang dipilih secara acak (random sampling). Instrumen berbentuk tes digunakan untuk melihat kecerdasan logika matematis, instrumen berbentuk angket untuk melihat konsep diri siswa, dan dokumentasi untuk melihat hasil belajar siwa.Teknik analisis data menggunakan program software SPSS versi 19.0 dihasilkan rx1y = 0,810, rx2y = 0,424. Uji korelasi ganda menghasilkan Rhitung = 0,841 sedangkan Rtabel = 0,195, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan logika matematis dan konsep diri dengan hasil belajar siswa. Uji hipotesis simultan (uji F) menghasilkan Fhitung = 133,244, nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig < &#61621; yaitu 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H03 ditolak dan Ha3 diterima. Dengan demikian kriteria pengujian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.150 712 Nad h
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligence; Tipe-tipe Kecerdasan; Logika Matematis; Konsep Diri; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 02 Feb 2017 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item
View Item