PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Lestari, Sri Indah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341137 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341137 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK T. Amir Hamzah Indrapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMK T. Amir Hamzah Indrapura dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK T. Amir Hamzah Indrapura yang beralamatkan di Jl. Syaripuddin No. 39 Tanjung Kubah Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK T. Amir Hamzah Indrapura semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan X AP2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang.Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua jumlah populasi, karena disini peneliti menggunakan total sampling dimana jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 64 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 10 soal yang sebelumnya telah diujicobakan ke kelas lain di luar sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) diperoleh rata – rata pretes sebesar 40,62 dan rata – rata postes sebesar 72,50 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional diperoleh rata – rata pretes sebesar 37,81 dan rata – rata postes sebesar 67,18. Dari analisa data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% dan  = 0,05 diperoleh thitung =1,74 dan ttabel =1,67 (thitung>ttabel) sehingga Hipotesis yang berbunyi ada pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Pokok Bahasan Resiko Usaha Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa di Kelas X AP SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2012/2013 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 658.421 071 Les p
Keywords: pengertia belajar; aktivitas belajar; hasil belajar kewirausahaan; faktor- faktor; model; creative problem solving; konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item