PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Rizky, Nursyifah Dwi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441035 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan SMK Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di kelas XI AK SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK SMK Budisatrya Medan yang terdiri dari 3 kelas, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 120 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas sebanyak 48 siswa. Kelas XI AK I sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan XI AK II berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak. Instrumen atau tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk multiple choise sebanyak 20 item.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 70,83 dengan simpangan baku sebesar 11,19. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 57,5 dengan simpangan baku 9,43. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus statistik uji t. Dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,94 dan ttabel sebesar 1,67 (3,94>1,67) maka hipotesis diterima. Dari hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 658.421 071 Riz p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Ciri-ciri; Kelebihan dan Kekurangan; Role Playing; Tujuan dan Langkah-langkah; Hasil Belajar; Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item