PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISSCUSSION DAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP N 3 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Habeahan, Evi Fanny (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISSCUSSION DAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP N 3 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141050 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Small Group Disscussion dan Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di kelas VIII-6 SMP N 3 Sidikalang T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Sidikalang pada semester genap T.P 2012/2013 dengan subjek siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( post test dan pre test) dan observasi. Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh adalah 56% (20 siswa) dengan rata-rata 76,66, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 89% (32 siswa) dengan rata-rata 84,72, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 33%.Dapat disimpulkan penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group Disscussion dan Think Talk Write di kelas VIII-6 SMP N 3 Sidikalang T.P 2012/2013 membuktikan peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: 658.071 2 Hab p
Keywords: Model Pembelajaran; Small Group Discussion; Think Talk Write; Hasil Belajar; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item