PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEM-BELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Sitorus, Jessy Safitri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEM-BELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141093 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141093 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Togetherdengan Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan diSMA Negeri 17 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 40,90% atau 18 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 68,18% atau 30 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 27,27 %. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat27 orang dari 44 orang siswa yang mendapat nilai >70 atau sebesar (61,36%) dan 17 orang mendapat nilai< 70 atau sebesar (38,64%) dengan nilai rata-rata 68,41. Pada siklus II yang memperoleh nilai>70 sebanyak38 orang (86,37%) dan siswa yang memperoleh< 70 sebanyak6 orang (13,63%) dengan nilai rata-rata sebesar74,09. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kes iklus II sebesar25,01 %. Dalam hubungan antara aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy = 0,69 (tinggi), yang berarti ada hubungan positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Make A Match di kelas XI IPS 2SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Make A Match dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJhonson, 196111021987031001
Call Number: 658.071 2 Sit p
Keywords: kolaborasi; model pembelajaran; Numbered Head Together; Make A Match; aktivitas belajar; hasil belajar; ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item