PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GOUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWA BINA KARYA MEDAN T.A 2012/2013

Melinda, Melia (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GOUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWA BINA KARYA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441028 COVER.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Swa Bina Karya Medan T.A 2012/2013. Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swa Bina Karya yang berlokasi di Jl. Pelajar No.1 Pulo Brayan Bengkel Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (34%) dengan nilai rata-rata 57,93 yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (62%) dengan nilai rata-rata 69,3 dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (86%) dengan rata-rata nilai 74,48. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS SMA Swa Bina Karya Medan T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 658.071 2 Mel p
Keywords: model pembelajaran; kooperatif; unsur- unsur; metode ; tipe Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item