PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NURHASANAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Rambe, Wazifah Nur (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NURHASANAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341154 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 BAB I.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 BAB V.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341154 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Nurhasanah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran learning cycle dengan problem solving. Penelitian ini dilaksankan di SMA Nurhasanah Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 66,67% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 69,5, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 86,67% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,33, yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70%. Pada siklus I diperoleh hasil 16,67% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 83,33% siswa masuk dalam kategori aktif.Dalam hubungan antara aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy = 0,7492 (tinggi), yang berarti ada hubungan positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini menandakan pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar sebesar 86,67%. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n1 + n2 -2 pada = 0,05 dan N = 30. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 10,99 dan t tabel = 2,045. hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 2,045 > 10,99). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran learning cycle dengan problem solving di kelas XII IS SMA Nurhasanah Medan Tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLa Hanu, 196412311991031040
Call Number: 657.071 2 Ram p
Keywords: Kolaborasi ;Model Pembelajaran Learning Cycle ; Problem Solving; Aktivitas Belajar;
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item