STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU T.A. 2012/2013

Dinata, Nandra (2013) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441031COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 BAB I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament atau Group Investigation terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu T.A. 2012/2013”.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasy Experimental Research). Teknik pengambilan sampel ini dilakukan secara kelompok atau rumpun (cluster) karena populasi atau sampel yang tersedia adalah berupa unit-unit rumpun dalam populasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebanyak 40 siswa untuk kelas Teams Games Tournament dan kelas X-3 sebanyak 40 siswa untuk kelas Group Investigation.Berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan menggunakan SPSS pada uji Mann-Whitney Test, diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) lebih kecil dari pada nilai &#945; (0,002 < 0,05). Dengan melihat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0 yang berarti ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Group Investigation terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu T.A.2012/2013. Hal ini terbukti dari perhitungan hasil belajar siswa pada deskriptif variabel penelitian, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Teams Games Tournament yaitu 86,13 lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas Group Investigation yaitu 79,78. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamadhan, M.Fitri197709172005011003
Call Number: 658.071 2 Din s
Keywords: Hasil Belajar; Mengajar; Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe Teams Games; Tipe Group Investigation
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item View Item