PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sintantha, Oyen (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141164 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 BAB I.pdf - Published Version

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141164 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Lottery Card serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 22 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Lottery Card.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatandan 4) Refleksi.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diperoleh aktivitas siswa6 orang (27,27%) dengan kategori Aktif dan Sangat Aktif dan pada siklus II aktivitas siswa 16 orang (72,72%) dengan kategori Aktif dan Sangat Aktif dan terjadi peningkatan sebesar 45,45% dan sesuai dengan Kriteria Penilaian Aktivitas ≥23 atau 71,88%. Diperoleh hasil pretes5 orang (22,72%) siswa tuntas belajar dengan rata-rata 53,09 dan siklus I diperoleh 12 orang (54,54%) siswa tuntas belajar dengan rata-rata 74,95. Pada siklus II diperoleh 19 orang (86,36%) siswa tuntas belajar dengan rata-rata 78,27 dan telah sesuai dengan indikator Kriteria Ketuntasan Minimum Sekolah 70%.Terdapat perbedaan yang signifikan dan positif hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dengan siklus II dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 10,82> ttabel = 2,0796.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi pembelajaran Project Based Learning dengan model Pembelajaran Lottery Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi Mengelola Kartu Piutang pada materi pelajaran Pengertian piutang dan klasifikasi piutang kelas XI AK SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut. M195608141980111001
Call Number: 657.071 9 Sin p
Keywords: StrategiPembelajaran;Project Based Learning; Model Pembelajaran Lottery Card; Aktivitas; Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item