PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA HANDOUT PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN BARANG DAN JASA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Lubis, Putri Hawa (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA HANDOUT PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN BARANG DAN JASA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709341103 COVER.pdf]
Preview
Text
709341103 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709341103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 709341103 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709341103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709341103 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709341103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 BAB I.pdf]
Preview
Text
709341103 BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 BAB V.pdf]
Preview
Text
709341103 BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 709341103 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709341103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomisiswa yang diajarkan dengan media audio visual dibandingkan yang diajarkandengan media handout pada pokok bahasan permintaan barang dan jasa.Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPNegeri 20 Medan yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 siswa.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalambentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20soal yang telahdinyatakan valid.Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembarinstrumen test, guna untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihatdari nilai rata-rata keseluruhan siswa di kelas eksperimen sebesar 36,53 sedangkanpada kelas control sebesar 31,11. Setelah dilakukan pembelajaran yang didukungdengan menggunakan media audio visual, terdapat peningkatanhasil belajar yangdiperoleh sebesar 72,88 sedangkan pada media handout terdapat peningkatan hasilbelajar sebesar 63,80.Dari hasil uji normalitas, terlihat bahwa � = 0,05 paada tabel ujikolmogorov-smirmov untuk kelas eksperimen adalah sig. 0,085 > 0,05dan untukkelas kontrol sig. 0,327 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa datahasil belajar siswa kelas media audio visual dan handout terdistribusi normal.Perhitungan uji independent sample T-Test posttest diperoleh nilai t hitung 3,672sig. (2-tailed) hasil penelitian menunjukkan bahwa (sig. 0,000<0,05) yaituterdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan denganmedia audio visual dibandingkan yang diajarkan dengan media handout padakedua kelas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran AudioVisual dan handout yang digunakan dalam pokok bahasan permintaan barang danjasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini berarti bahwa media AudioVisual dan handout sebagai alternative dalam proses pembelajaran tentangpermintaan barang dan jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 2 Lub p
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Audio Visual; Handout; Bentuk; Penelitian; Analisa Data
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 18 Oct 2016 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item
View Item