PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2013/2014

Gultom, Aniceta R. (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141011 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141011 DAFTRAT PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar padamata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan melalui penerapan kolaborasimodel pembelajaran Mind Mapping dengan Picture and Picture pada materiIdentifikasi Kebutuhan Manusia Kelas X SMA Swasta Raksana MedanT.P 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan diSMA Swasta Raksana Medan T.P 2013/2014 yang beralokasi di Jl. Gajah MadaNo. 20 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 yangberjumlah 38 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa Deskriptif. Yangdilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untukmengukur hasil belajar berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 10 soaldalam 1 siklus dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung.Sebagai indikator ketuntasan belajar, dengan KKM sebesar 70 dan kriteriaketuntasan klasikal sebesar 80 %.Dari siklus I, hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasanklasikal, yaitu hanya 20 orang yang tuntas (52,63%) sehingga dilanjutkan dengansiklus II. Dalam siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 32 orang yang tuntas(84,21%). Demikian juga presentase peningkatan aktivitas siswa yang masukdalam kategori aktif dan sangat aktif meningkat dari siklus I sebanyak 36,83 %menjadi 86, 83 % pada siklus II.Dengan demikian, Penerapan Kolaborasi Model PembelajaranMind Mapping dengan Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas DanHasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Raksana Medan telah berhasildilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sabar195603141982011001
Call Number: 658.071 2 Gul p
Keywords: Metode Pembelajaran; Mind Mapping; Picture And Picture; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item