IMPLEMENTASI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII BM SMK MUHAMMADIYAH-8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/201

Harahap, Rahma Seri (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII BM SMK MUHAMMADIYAH-8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141174 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 BAB I.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 BAB V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141174 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII BM SMK Muhammadiyah-8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 setelah menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching dengan strategi pembelajaran Card Sort. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah-8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII BM yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis diperoleh data observasi sebagai hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,125% (Siklus I 53,125% sedangkan Siklus II 81,25%). Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 25% yang tuntas dengan nilai rata-rata 60,46. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 65 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 90,625% dengan nilai rata-rata 76,71. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 34,375%. Pada uji signifikansi hasil belajar siswa antar siklus diperoleh bahwa t hitung > t tabel (14,69 > 2,03). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar siklus. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Reciprocal Teaching dengan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII BM SMK Muhammadiyah-8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede19507041990031002
Call Number: 657.071 9 Har i
Keywords: pendekatan; Reciprocal Teaching, strategi pembelajaran; Card Sort; aktivitas belajar; hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item View Item