PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS1 SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG T.P 2013/2014

Aisyah, Siti (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS1 SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341130 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341130 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran syndicate group di kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Ujung Padang Tahun Pembelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan metode pembelajaran syndicate group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujung Padang yang beralamat di Jalan Perjuangan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran syndicate group untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 41,67% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 61,53, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 68%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 80,56% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,28 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 19,44% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 80,55% siswa masuk dalam kategori aktif. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 8,19> ttabel=2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran syndicate group pada materi mencatat dokumen/transaksi ke dalam jurnal khusus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS1 SMA N 1 Ujung Padang T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Daulat195207121978031004
Call Number: 657.071 2 Ais p
Keywords: Aktivitas; Belajar; Metode Pembelajaran ;Syndicate Group.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item