UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII AK SMK AMIR HAMZAH MEDAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN BAHAN BAKU T.P 201

Rahayu, Yunda (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII AK SMK AMIR HAMZAH MEDAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN BAHAN BAKU T.P 201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141247 COVER.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 BAB I.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141247 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan strategi Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Amir Hamzah Medan T.P 2013/2014. Dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Amir Hamzah pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII AK yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang aktif sebesar 43,3% dengan 3 siswa (10%) tergolong sangat aktif dan 10 siswa (33,3%) tergolong aktif dan dari hasil belajar siswa terdapat 16 siswa (53,3%) siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥70. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 71,88% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasil hasil belajar yaitu 80% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 83,33% siswa aktif dengan 7 (23,3%) siswa yang tergolong dalam kriteria sangat aktif dan 18 (60%) siswa yang tergolong aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 28 siswa (93,3%) yang tuntas. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 30-1= 29 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 16,11 dan ttabel = 2,05. Sehingga thitung > ttabel (16,11 >2,05). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan Strategi Rotating Trio Exchange pada standar kompetansi mengelola kartu persediaan bahan baku di kelas XII AK SMK Amir Hamzah Medan pada semester ganjil T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLa Ane, 1962126119910310023
Call Number: 657.720 719 Rah u
Keywords: Aktivitas Belajar; Belajar; Penerapan Model Pembelajaran ; Probing Prompting; strategi Rotating Trio Exchange
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item