UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA KELAS XII IS SMA SWASTA YAPIM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sitorus, Elisa Febriani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA KELAS XII IS SMA SWASTA YAPIM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141042 COVER.pdf]
Preview
Text
709141042 COVER.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 709141042 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141042 BAB I.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141042 BAB V.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 709141042 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh kejenuhan siswa untuk belajar akuntansi karena guru masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi Learning Start With a Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Swasta YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta YAPIM Medan yang beralamat di Jalan Air Bersih No. 59 Medan. Subjek penelitian siswa kelas XII IS yang berjumlah 37 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan oleh peneliti memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,92%. Siklus I diperoleh 62,16% dan Siklus II diperoleh 81,08% siswa masuk dalam kategori akif yang telah melampaui indikator keberhasilan 71,88%. Hasil data pretest menunjukkan bahwa postest siklus I menunjukkan bahwa ada 24 siswa (64,86%) yang telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata klasikal 79,38 sedangkan data pada postes siklus II menunjukkan bahwa ada 30 siswa (81,08%) yang telah tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 83,17. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 16,22%. Hal ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75 dengan ketuntasan klasikal hasil belajar ≥80%. Untuk menguji signifikansi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II digunakan rumus uji-t untuk α = 0.05 dan dk = 37 – 1 = 36 Diperoleh thitung sebesar 10,38, ttabel sebesar 2,0281. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel maka thitung >ttabel yaitu 10,38>2,0281. sehingga peningkatan hasil belajar akuntansi pada siklus I dan siklus II adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi Learning Start With a Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di kelas XII IS SMA Swasta YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Sit u
Keywords: Model Pembelajaran; Think-Pair-Share; Strategi Learning Start With A Question; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 17 Oct 2016 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item
View Item