implementation akuntansi education explicit tahap perencanaan terdiri adalah activ keyword student wa untuk met learning research object doing get mencapai planning dalam academic ABSTRACT memperoleh studi card kela qualitative ABSTRAK adanya action technic menjadi mengetahui menunjukkan melihat thitung 2014 increase pengumpulan pendidikan negeri dan effort subjek data XII quantitative penelitian kompetensi terdapat sma criteria demonstrate ttabel only state bahwa teknik decided value secara company 2013 berjumlah arrangement rendahnya improvement know dapat melalui university competence permasalahan haru reflextion analisi refleksi diata test lottery got collect penerapan tunta based thesi dimana sangat economic classical memahami showed use pengamatan PTK kolaborasi major instruction objek above nilai sudah serta activity sedangkan amount terlihat dagang interest tindakan meanwhile that ekonomi result medan klasikal siswa meningkatkan program merupakan tahun disimpulkan yaitu diperoleh significant pembelajaran IPS they SMA cycle antara skipsi ini questionnaire analize fakulta pelaksanaan subject hal model study observation about together dilaksanakan clas active accounting dua aktif determine become kunci dengan menggunakan collaboration indicator studing signifikan service penyusunan each observasi tiap year perusahaan ketuntasan te universita peningkatan problem teaching guided increased methodist numbered analysi indikator kualitatif between nirwanti hasil simanjuntak completed kata concluded KKM done menunjukan standar II consisted step siklu jeni pada low mengenai jurusan 709441032 orang yang consist perbedaan hanya belajar kuantitatif NIM dari learn bertujuan head completenes aktivita qoestionary berdasarkan