tujuan diterima akuntansi outcome education show cukup tidak tahap perencanaan terdiri adalah keyword reflection student wa untuk learning research application would susilowati planning dalam academic ABSTRACT memperoleh studi unactive kela qualitative kurang dikela ABSTRAK action technic menjadi mengetahui menunjukkan melihat classroom thitung 2014 increase pengumpulan sycnifican pendidikan negeri dan subjek data XII quantitative penelitian SMK terdapat criteria telah semester setiap ttabel state increasing bahwa teknik decided received value lembar 2013 berjumlah rendahnya improvement uji studying know lower dapat melalui university permasalahan nofita economy terjadi akthat upgrading strategi analisi pembelajarancontextual lain refleksi test REACT criterion skripsi got collect penerapan tunta based thesi dimana budi sangat classical adata tergolong showed sebagai use 709141101 aim PTK kolaborasi react major instruction nilai activity perhitungan there sedangkan contextual anomalou applying tindakan meanwhile ekonomi result medan klasikal siswa meningkatkan program merupakan tahun disimpulkan pelajaran yaitu diperoleh pembelajaran they cycle showing ini fakulta tested subject model study implemented observation dilakukan prove dilaksanakan clas active accounting aktif kunci tcount dengan menggunakan collaboration second circulationi statistic indicator conducted signifikan activitie each observasi mata pengujian year ketuntasan te universita peningkatan quite very ditetapkan problem became conclude teaching kriteria increased analysi indikator kualitatif les circulation hasil sehingga completed kata reactto done II used consisted step siklu pada while strategy panca signifikansi jurusan orang atau yang jutri consist belajar kuantitatif NIM dari ganjil significan completenes aktivita