posttest tujuan implementation universita berbentuk peningkatan akuntansi keberhasilan wulan activity ttabel problem there sedangkan people outcome education state absorption teaching teknik bahwa applying tindakan membandingkan tahap secara perencanaan proces terdiri ekonomi lembar adalah memenuhi 2013 berjumlah result keyword reflection student rendahnya wa untuk positif analysi indikator learning medan research improve kualitatif klasikal siswa meningkatkan uji program CAR daya 9893 total creative tahun mencapai hasil disimpulkan dapat prose planning yaitu dalam suci academic approach menerapkan grade keseluruhan diperoleh rumu significance namely maka university sehingga permasalahan ABSTRACT pembelajaran completed sheet obtained kata post economy concluded studi four terjadi digunakan kela who qualitative cycle faculty strategi ABSTRAK ini analisi consisting calculation fakulta pelaksanaan early II action mengetahui subject used ada refleksi cyle reached demikian prayatna thu study classroom number observation test thitung dilakukan 2014 siklu increase gained carried dilaksanakan pada skripsi pengumpulan active accounting achieved low dua while succes penerapan aktif tunta thesi dimana berarti pendidikan collection try negeri dan strategy purpose 709141219 poste department kunci economic several empat tcount menguji said subjek classical signifikansi order dengan comparing data jurusan orang quantitative tahapan out second yang stage beberapa apabila indicator reciprocal serap whole solving conducted signifikan penelitian SMK sebagai belajar activitie kuantitatif two XI each NIM observasi dari technique tiap awal dikatakan completenes aktivita mean telah pengamatan pendekatan find PTK AK year pretest sebesar ketuntasan first analisa te