implementation akuntansi giving outcome education tahap theresult perencanaan terdiri adalah reflection student wa untuk learning research application get prose planning dalam academic key ABSTRACT memperoleh sheet studi four kela qualitative ABSTRAK action many mengetahui menunjukkan 2014 increase previou batang pengumpulan pendidikan negeri dan subjek data XII quantitative penelitian conclusion terdapat criteria meningkat sebesar into state increasing bahwa teknik lembar 2013 rat berjumlah rendahnya uji 709441002 studying dapat mendapat other university permasalahan terjadi digunakan upgrading indicating analisi lain refleksi test best jadi question skripsi penerapan based thesi dimana sebanyak sangat economic showed aim PTK kolaborasi major nilai activity perhitungan there sedangkan tabel interest tindakan word ekonomi result collecting medan siswa meningkatkan program tahun rata harahap disimpulkan yaitu grade diperoleh significant pembelajaran IPS bonar SMA cycle ini questionnaire fakulta tested subject model study observation dilakukan dilaksanakan clas active accounting dua answer getting aktif determine kunci empat dengan menggunakan signifikan two each observasi tiap it pengujian totaly year te universita berbentuk peningkatan average problem perbandingan teaching kriteria hitung guided proces 0369 berpasangan analysi whit selanjutnya kualitatif onang hasil using technich sehingga obtained kata faculty executed done II used 2014'' consisted step siklu point hand alam pada low through while meningkatan jurusan orang atau yang consist gotten belajar studentd kuantitatif NIM dari bertujuan aktivita mark