PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMA N.1 PEGAJAHAN

Hutabarat, Wesly (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMA N.1 PEGAJAHAN. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 07 (01). pp. 30-34. ISSN 1907-7157

[img]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Enclosure.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media power point pada pokok bahasan Struktur Atom di SMA Negeri 1 Pegajahan. Penelitian menggunakan dua kelas sampel yaitu satu kelas eksperimen (kelas XA) yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan bantuan media power point dan satu kelas kontrol (kelas XB) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan bantuan media power point. Peningkatan hasil belajar kimia siswa diketahui dari kemampuan siswa dalam mengerjakan tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Tes objektif diujicobakan sebanyak 30 soal kepada siswa kelas XI dan diperoleh 20 soal yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Struktur Atom yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan bantuan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional dengan bantuan media power point. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 29,375 dan rata-rata nilai post-test 59,625. Jadi terdapat peningkatan sebesar 42,5%. Nilai rata-rata pretes kelas control adalah 24,500 dan nilai rata-rata post-test adalah 39,375. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 20,8%. Dari kedua kelas tersebut diperoleh besar perbedaan peningkatan rata-ratanya adalah 21,7%. Hasil uji-t pada taraf signifikan a = 0,05 dengan criteria pengujian uji satu pihak (pihak kanan) menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau (4,275 > 1,680). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan bantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom di kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Power point; Struktur atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item