KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN DI SUMATERA UTARA DAN KAITANNYA DENGAN HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA

Sani, Ridwan Abdullah (2011) KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN DI SUMATERA UTARA DAN KAITANNYA DENGAN HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA. Jurnal Suara Pendidikan, 29 (02). pp. 115-119. ISSN 0852-016X

[img] Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Permasalahan sekolah dalam menghadapi UN sering menghasilkan kecurangan dalam pelaksanaan UN. Permasalahan nyata yang dihadapi muncul akibat mutu proses pembelajaran yang terkait langsung dengan sistem manajemen sekolah, mutu guru, sarana dan prasarana pendidikan, serta budaya masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang permasalahan mutu pendidikan di propinsi Sumatera Utara serta akar permasalahannya berdasarkan berdasarkan dukungan data yang akurat. Penelitian ini dilakukan di seluruh kabupaten/kota wilayah propinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian selama lima bulan, mulai Agustus sampai Desember 2011. Keseluruhan 33 kabupaten/kota dikelompokkan dalam 17 penelitian dengan pembagian dengan memperhatikan luas daerah dan jumlah sekolah. Populasi penelitian adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan pengawas SMA negeri dan swasta Sumatera Utara, serta pegawai Dinas Pendidikan kabupaten/kota di Sumatera Utara. Setelah menelaah hasil UN selama 3 tahun terakhir diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam semua mata pelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Karakteristik pembelajaran; Model peningkatan mutu; Proses belajar; Mutu pendidikan; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item