PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN T.A 2012/2013

Simbolon, Jefri Judika A (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310068-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310068-COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Swasta GKPI Padang Bulan T.A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah pretes sebesar 46,87 dan postes sebesar 78,25 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,87 dan postes sebesar 64,75. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,05> 1,673 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Khairuddin E197307162006041002
Call Number: 651.307 1 Sim p
Keywords: Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item