PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DENGAN KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS1 SMA N 7 MEDAN T.P 2012/2013

Andi, Masri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DENGAN KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS1 SMA N 7 MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114191-COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114191-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114191-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text
708114191-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
708114191-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114191-BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114191-BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text
708114191-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa serta signifikansi perbedaan peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Kancing gemerincing di kelas XI IS1 SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IS1 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dari observasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 12,5% dan pada siklus II sebesar 77,5%, yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 18 siswa (45%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 33 siswa (82,5%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = 40+40-2 = 78 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,81 dan ttabel = 1,99. Sehinggga thitung > ttabel (6,81>1,99). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Kancing Gemerincing pada pokok bahasan persamaan akuntansi dikelas XI IS1 SMA Negeri 7 Medan semester genap T.P 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La19641231 199103 1 040
Call Number: 657.071 And p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Guided Teaching; Kancing Gemerincing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item