PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MARRY GO ROUND UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013

Siahaan, Regent Tosanov (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MARRY GO ROUND UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114230 - COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - BAB I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114230 - BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik Marry Go Round serta perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang terletak di Jl. Medan Km.6,5 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik Marry Go Round. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dari data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 6 orang siswa kategori sangat aktif (17.14%) sedangkan pada siklus II diperoleh 19 orang siswa kategori sangat aktif, (54.29%), menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 37.15%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 20 orang siswa (57.14%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 30 siswa (85.71%) pada siklus II, maka diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 28.57%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75 % siswa memperoleh nilai ≥ 65. Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0.81yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (sangat tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 65% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik Marry Go Round pada standar kompetensi memahami pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus perusahaan dagang di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik Marry Go Round dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923 198403 2 001
Call Number: 657.071 Sia p
Keywords: Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item