PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TEHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA NEGERI KUALUH HULU T.P 2012/2013

Panjaitan, Nurhayati (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TEHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA NEGERI KUALUH HULU T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110027. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110027. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di MA Negeri Kualuh Hulu T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri Kualuh Hulu yang beralamat di jalan Kapten H. Rakanin Y, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, yang berjumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yang masing-masing berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Homogenitas dan Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ( 75,52 dan SD = 7,48 ) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional ( 64,14 dan SD = 6, 82 ).Hipotesis I apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas belajar siswa Kelas X di MA Negeri Kualuh Hulu T.P 2012/2013 dapat diterima pada taraf signifikan dengan α = 0,05 dan derajat kepercayaan 95%, dengan nilai t = 4, 07 sedangkan t = 1, 67, dengan demikian t > t yaitu 4, 07 > 1, 67 dengan demikian hipotesis dapat diterima. Hipotesis II apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa Kelas X di MA Negeri Kualuh Hulu T.P 2012/2013 dapat diterima pada taraf signifikan dengan α = 0,05 dan derajat kepercayaan 95%, dengan nilai t = 5, 9 sedangkan t = 1, 67, dengan demikian t > t yaitu 5, 9 > 1, 67 dengan demikian hipotesis dapat diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di MA Negeri Kualuh Hulu T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutmainnah, Sri19690116 1993003 2 002
Call Number: 651.307 1 Pan p
Keywords: Model pembelajaran; Reciprocal Teaching; Aktivitas;belajar; siswa.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item