PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-2 SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

Hutagaol, Anggi Sofia (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-2 SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yg signifikan antara siklus I dan siklus II di kelas XI IS-2 di SMA N 10 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Active Knowledge Sharing.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS- 2 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Active knowledge Sharing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas belajar akuntasi siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 41,18 % (Siklus I 44,11% sedangkan Siklus II 85,29%). Pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 13 siswa (38,23%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 65,1. Setelah diadakan siklus I siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa (44,11%) dengan nilai rata-rata 65,5 dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 31 siswa (91,17%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 74,34 atau pengalamin peningkatan 7,9 poin dari siklus I.Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum di kelas XI IS-2 SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Hut p
Keywords: Kolaborasi; Strategi pembelajaran; Contextual Taeaching and Learning; Belajar Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Jan 2017 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item
View Item