PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MA DAAR ALFALAH TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Harahap, Herlina Dewi (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MA DAAR ALFALAH TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310059 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS di MA DAAR ALFALAH Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan Information Search. Penelitian ini dilaksanakan di MA DAAR ALFALAH Tanjung Balai pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 23 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan Information Search. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan angket untuk mengetahui minat belajar akuntasi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket mengenai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dari siklus I ke siklus II dengan kriteria penilaian skor minimal 61, hal ini terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I terdapat 12 siswa (52,17%) untuk kriteria minat baik, sedangkan pada siklus II terdapat 18 siswa (78,27%) dengan kriteria minat sangat baik. Pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 6 siswa (26,08%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 58,26. Setelah diadakan siklus I siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 13 siswa (56,52%) dengan nilai rata-rata 65,21 dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 20 siswa (86,96%) siswa yanng telah memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,04. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan Information Search dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di kelas XII IPS MA DAAR ALFALAH Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M.19560814 198011 1 001
Call Number: 657.071 Har p
Keywords: Minat Belajar; Akuntansi; Kolaborasi; Learning Start; Informasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item