PENGARUH STAD-METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR, SIKAP DAN MOTIVASI SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sitorus, Meylina Jojor Rotua (2013) PENGARUH STAD-METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR, SIKAP DAN MOTIVASI SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141129 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 APPROVAL.pdf.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 LIST OF FIGURES.pdf.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 LIST OF TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 LIST OF APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141129 REFERENCES.pdf.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar, sikap, dan motivasi siswa terhadap pelajaran IPS dan pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perberdaan antara pengaruh STAD sebagai pembelajaran kooperatif dengan pendekatan direct instruction (pengajaran langsung) terhadap prestasi belajar, sikap dan motivasi dalam pelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babalan, Jalan Pendidikan, Kec. Babalan, Kab. Langkat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas eksperimen (48 siswa) dan kelas kontrol (44 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes (15 pertanyaan), kuesioner sikap (20 butir), dan kuesioner motivasi (18 butir). Teknik hipotesis data menggunakan T-test tidak berpasangan (Independent t-test).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi (81,28) dari pada di kelas kontrol (63,98), dan menunjukan rata-rata skor skala sikap di kelas eksperimen lebih tinggi (84,19) dari pada di kelas kontrol (77,59) serta juga menunjukkan rata-rata skor skala motivasi yang lebih tinggi di kelas eksperimen (73,62) daripada di kelas kontrol (65,59). Dalam pengujian hipotesis, prestasi belajar di STAD sebagai kelas eksperimen bermanfaat secara signifikan dari pada prestasi belajar di kelas kontrol (tratio (6,276) > ttable (1,66), and p<0,05), menunjukkan pengaruh sikap yang lebih signifikan terhadap pelajaran IPS di kelas eksperimen daripada di kelas kontrol (tratio (4,274) > ttable (1,66) and p < 0,05), dan STAD sebagai kelas eksperimen lebih efektif mendorong motivasi siswa terhadap pelajaran IPS dan pembelajaran kooperatif dari pada direct instruction (tratio (5,342) > ttable (1,66) and p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa STAD dibandingkan dengan direct instruction mendorong sikap positif, menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik, dan memotivasi siswa untuk belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamadana, Fitri197709142005011003
Call Number: 658.071 2 Sit p
Keywords: learning; social studies learning; student achievement; attitude; motivation; STAD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item View Item