PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA PAB 6 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012

Jayanti, Suri (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA PAB 6 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110041 Cover.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Bab I.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Bab V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dan berpendapat siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012 semester genap. Subjek penelitian ini adalah yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakn test hasil belajar berbentuk essay serta lembar observasi untuk pengamatan kemampuan bertanya dan berpendapat siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun teknis analisis data dengan menggunakan data kualitatif.Berdasarkan Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan kemampuan Bertanya dan Berpendapat dari siklus I ke siklus II sebesar 20% (Siklus I 61% sedangkan Siklus II 81 %). Berdasarkan pengamatan kemampuan siswa, penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan berpendapat dalam kegiatan belajar mengajar. Dari perolehan lembar observasi kemampuan Bertanya dan Berpendapat siswa, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan berpendapat. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor., Munajat196709222005011001
Call Number: 352.071 Jay p
Keywords: Kemampuan Bertanya dan Berpendapat; Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item View Item