PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Nasution, Masnia (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310091 Cover.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Abstrak.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Bab I.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Bab V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310091 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Budi Agung Medan pada tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek siswa kelas VII-5 yang berjumlah 36 orang.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Dalam pengumpulan data teknik yang digunanakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Sedangkan untuk analisis data digunkakan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 60,55 dimana 44,55% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan siklus I skor rata-rata adalah 69,03 dengan 63,89% telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakan tindakan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 83,33 dengan 83,33% siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan aktivitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 17 orang (47,22%) siswa aktif, 7 orang (19,44%) siswa cukup aktif, 6 orang (16,67%) siswa kurang aktif, dan 6 orang (16,67%) siswa tidak aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 orang (50%) siswa sangat aktif, 9 orang (25%) siswa aktif, 3 orang (8,33%) cukup aktif, dan 6 orang (16,67%) siswa kurang aktif. Dengan demikian penerapan kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dengan Make a Match di kelas VII-5 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas VII-5 pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Perusahaan dan Peran Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia di SMP Swasta Budi agung Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Jhonson1961110211987031001
Call Number: 352.071 Nas p
Keywords: Kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dengan Make a Match; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item