PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P 2012/2013

Situmorang, Christina Hakim (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114082COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Course Review Horay pada materi pembelajaran Ketenagakerjaan dan Pengangguran kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tarutung tahun pembelajaran 2012/2013 dengan sampel kelas XI IPS3 sebanyak 38 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembaran tes guna mengetahui hasil belajar siswa dan observasi, guna mengamati hasil belajar. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 13 orang (34,21%) siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 21 orang (55,26%), dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 32 orang (84,21%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Course Review Horay dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: 352.071 Sit p
Keywords: Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Model pembelajaran Course Review Horay; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item