PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PIKTOGRAM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATAKULIAH SCHREIBFERTIGKEIT III

Harahap, Herlina Jasa Putri PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PIKTOGRAM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATAKULIAH SCHREIBFERTIGKEIT III. -, - (-). pp. 89-96. ISSN -

[thumbnail of Table Of Content.pdf]
Preview
Text
Table Of Content.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan media piktogram pada matakuliah Schreibfertigkeit III (2) perbedaan prestasi menulis kemampuan menulis bahasa Jerman antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan teknik piktogram dan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, dan (3) keefektifan penggunaan teknik piktogram pada pembelajaran menulis bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain eksperimen pre-test-post-test control group. Variabel penelitiannya yaitu variabel bebas (piktogram) dan variabel terikat (kemampuan menulis bahasa Jerman). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi bahasa Jerman angkatan 2011 berjumlah 40 orang mahasiswa. Data diambil dengan menggunakan tes menulis pada pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa skor tertinggi pada saat pre-test kelas eksperimen mencapai 39 sebanyak 3 orang (15%) dan terendah adalah 18 sebanyak 4 orang (20%), dan skor post-test tertinggi mencapai 42 sebanyak 2 orang (10%) dan skor terendah adalah 18 sebanyak 2 orang (10%), sedangkan skor pre-test tertinggi untuk kelas kontrol mencapai 36 sebanyak 3 orang (15%) dan terendah adalah 15 sebanyak 8 orang (40%), sedangkan skor post-test tertinggi mencapai 36 sebanyak 3 orang (15%) dan skor terendah adalah 15 sebanyak 6 orang (30%). Dari tingkat kelulusan kelas eksperimen mencapai 75 % sedangkan kelas kontrol hanya 45 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi yang signifikan dalam kemampuan menulis bahasa Jerman mahasiswa antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan teknik piktogram dan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) pembelajaran menulis bahasa Jerman dengan menggunakan teknik piktogram lebih efektif daripada dengan menggunakan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah teknik piktogram dapat digunakan dalam pembelajaran menulis karena lebih efektif dari pada teknik konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Media; Piktogram; Menulis
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:36
Last Modified: 07 Apr 2016 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item
View Item