PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERENCANAKAN USAHA KECIL SISWA KELAS XI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDANTAHUN AJARAN 2012/2013

Samosir, Dina Marisa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERENCANAKAN USAHA KECIL SISWA KELAS XI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDANTAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Parulian 2 Medan. “Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang disebabkan oleh penerapan model pembelajaranProblem Based Instruction dan Pendidikan Ekonomi Kreatif kelas XI AK pada standar kompetensi Merencanakan Usaha Kecil di SMK Parulian 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian 2 Medan T.P. 2012/2013 semester ganji . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK yang berjumlah 34 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction dan Pendidikan Ekonomi Kreatif yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah sebanyak 15 orang (44,12) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 57,94.Setelah diadakan siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 18 orang siswa(52,94) dengan nilai rata-rata 72,35 dan setelah diadakanpada siklus II sebanyak 30 orang siswa(88,23) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan dengan nilai rata –rata 74,41. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model PembelajaranProblem Based Instruction dan Pendidikan Ekonomi Kreatifdapat meningkatkan hasil belajar merencanakan usaha kecil siswa kelas XI SMK Swasta Parulian 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 2 Sam p
Keywords: Hasil belajar;Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Pendidikan Ekonomi Kreatif
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 12 Jan 2017 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item
View Item