HUBUNGAN KEPRIBADIAN DANPROFESIONALITAS GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTASE KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Dalimunthe, Marlina Sari (2012) HUBUNGAN KEPRIBADIAN DANPROFESIONALITAS GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTASE KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian danprofesionalitas guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta seKecamatan Medan Tembung Kota Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi di SMASwasta se Kecamatan Medan Tembung Kota medan dengan jumlah 11 guru.Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel jenuh dimana seluruhpopulasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakanangket dan dokumentasi prestasi belajar. Uji validitas menggunakan teknikkorelasi product moment dengan bantuan program microsoft excel dan ujireliabilitas menggunakan rumus alpha dengan bantuan program SPSS 17,00.Kemudian uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasispearman rank.Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas diperoleh dari 14 instrumenvariabel kepribadian guru, terdapat 1 instrumen dinyatakan tidak valid dan 13instrumen lainnya dinyatakan valid. Sedangkan untuk variabel profesionalitasguru diperoleh dari 35 instrumen terdapat 7 instrumen dinyatakan tidak valid dan28 instrumen lainnya dinyatakan valid. Uji reliabilitas dengan menggunakanrumus Alpha Cronbach diperoleh hasil rhitung>rkritis (0,911>0,3) untuk variabelkepribadian guru dan rhitung>rkritis (0,916>0,3) untuk variabel profesionalitas guru.Uji hipotesis variabel kepribadian guru diperoleh harga hitung &#61554;&#61472;= 0,123 <&#61501;&#61472;0,619 tabel &#61554;&#61472;, hal ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa kepribadian guru tidak memberikan hubungan yang positifdan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk variabelprofesionalitas guru diperoleh harga hitung &#61554;&#61472;= 0,211 < &#61501;&#61472;0,619 tabel &#61554;&#61472;, hal ini berartiHo diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adahubungan yang positif dan signifikan antara profesionalitas guru ekonomiterhadap prestasi belajar siswa.Guru diharapkan dapat berkontribusi dalam hal karya pengembanganprofesi dan keikutsertaan dalam forum ilmiah yang relevan untuk mendukung tercapainya profesionalitas yang baik sebagai seorang pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Dal h
Keywords: Kepribadian Guru; Profesionalitas Guru; Prestasi Belajar Siswa
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 12 Jan 2017 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item
View Item