PENGARUH KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 7 MEDAN

Destari, Mila Ayu (2012) PENGARUH KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan sistem ganda terhadap minat berwiraswasta siswa SMK kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI jurusan pemasaran yang berjumlah 136 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan proporsional random sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data angket dan DKN. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket. Hasil uji validitas dari setiap butir pertanyaan dari 30 soal, 21 soal diantaranya dinyatakan valid dan 9 soal dinyatakan tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan persamaan Y = a + bx. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan rumus uji “t” regresi dengan nilai thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf significan 95% dan dk = n-2 sebesar 1,66. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu : Y = 52,3 + 0,15 X. Dari hasil regresi linear dapat disimpulkan bahwa arah hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah menunjukkan ke arah yang positif, artinya jika pendidikan sistem ganda berjalan dengan baik maka semakin mempengaruhi minat berwiraswasta, sedangkan nilai (determinasi) = 0,226 jika dipersenkan menjadi 22,6%. Jadi, kontribusi kemampuan melaksanakan pendidikan sistem ganda terhadap minat berwiraswasta siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 7 Medan adalah sebesar 22,6%. Dari hasil analisis data skor rata-rata siswa tentang minat berwiraswasta sebesar 3,29 dikategorikan sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dai hasil penelitian diperoleh thitung = 52,3 dan ttabel = 1,66 kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sedangkan jika thitung < ttabel maka hipotesis ditolak. Hasil perhitungan uji “t” regresi dihasilkan 52,3 > 1,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa “ ada pengaruh antara kemampuan melaksanakan pendidikan sistem ganda dengan minat berwiraswasta siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 7 medan.” Yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Des p
Keywords: Pendidikan; Pendidikan Sistem Ganda; Minat Berwiraswasta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Jun 2019 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item
View Item