kelompok tujuan masing psikomotornya keberhasilan kenyataan ide ketrampilan berikut tidak memvariasikan pengajaran adalah tetapi student kemampuan untuk ata khususnya berkualita individu cari mencapai melibatkan prose mengatasi dalam diharapkan berkelompok dirancang itu tepat berjudul kela kesiapan teman dikela adanya mengetahui menjadi kedepan ditentukan menunjukkan menjelaskan diberi maju mempertimbangkan pendidikan kesempatan dan sebaya diskusi berkaitan penggunaan tipe guru penelitian melahirkan oleh yoseph telah maksimal metode juga setiap mencari sedikit latar sama bagaimana suasana humor membantu maupun membagikan berlangsung teknik bahwa suatu belajarnya secara masalah memenuhi 2013 manfaat belum mengidentifikasikan anak begitu daya urut peneliti dituntut mempengaruhi manusia dapat informasi anggota afektif semangat target permasalahan guna tertarik terjadi digunakan sampai bersemangat selain menanggapi satunya dijelaskan lain yakni ditingkatkan diata number interaksi wawasan 2012 tergantung agar dilihat prestasi menghasilkan berkonsultasi pengetahuan penerapan dimana membuat pasif saling kedalam sebanyak menekankan keterkaitan sangat kepada kenyataannya memahami perlu tuga memegang nomornya sebagai apakah membina achievement lainnya pihak cara kelompoknya nomor diiginkan saat kolaborasi jumlah menugaskan salah jika fakum nilai peranan belakang masukan serta tutor sedangkan kerjasama memotivasi seluruh pemecahan menyelesaikan ranah kegiatan dinyatakan ekonomi didalam jawaban medan siswa meningkatkan uraian bahan memilih terlibat merupakan tahun konvensional pelajaran yaitu menerapkan keseluruhan memanggil pembelajaran IPS BAB SMA bisa mengembangkan antara membutuhkan ini mereka bagi baik hal mendorong identifikasi model melakukan memecahkan didiknya karena together kurangnya keterlibatan aktif memacu jawab kompetisi memberi dengan sarana akan mendidik diantara santo menguasai XI observasi mata rendah kecil didiskusikan penuli ketuntasan te ditetapkan paling sumber kajian melaksanakan terhadap kriteria membaca kemudian materi tersebut didasarkan sebagaimana rumusan didalamnya seterusnya berbagai langsung STAD hasil memberikan maka tertentu kreatifita sehingga sekolah bertanggung penting bekerja KKM kooperatif berinteraksi diterapkan menolong cenderung satu keributan menyampaikan mengajar dibagi keaktifan pada temannya sesama diajarkan NHT bersifat menambah kognitif mengenai minimal orang atau yang beberapa masih hanya banyak belajar cocok dari membosankan membagi bertujuan merupkan semua head aktivita PENDAHULUAN division antarkelompok padahal mengadakan team berdasarkan