PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2011/2012

Sinaga, Junita (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114168 Cover.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Bab I.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Bab V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114168 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA kelas X Sma Swasta Bersama Berastagi tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh kelas X sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara purpose random samping dengan memilih dua kelas yang memiliki kriteria yang hampir sama yakni nilai DKN yang tidak terlalu berbeda yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 orang , yang diajar dengan menggunakan media powerpoint dan kelas X2 sebagai kelas kontrol sebanyak 18 orang yang diajar tanpa menggunakan media powerpoint.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal dalam bentuk pilihan berganda. Sebelum tes digunakan untuk mengumpulkan data, tes terlebih dahulu diuji cobakan pada siswa diluar sampel penelitian, untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai untuk kelas yang diajar dengan menggunakan media powerpoint dan sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol dan , sehingga dari data tersebut, hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media powerpoint. Data kedua sampel berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh dengan , dari data tersebut. > , maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Bersama Berastagi diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Jhonson1966111021987031001
Call Number: 352.071 Sin p
Keywords: Media; Powerpoint; Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item